Kamis, 31 Agustus 2017

Magang aja ada dramanya

     Time flies too fast... dua bulan sudah berlalu sejak liburan semester enam dimulai. Liburan semester enam saat ini liburannya berbeda dengan liburan semester yang lalu dimana waktu itu aku sama teman-temanku memanfaatkan kata “liburan” dengan benar-benar melakukan “liburan”. Kali ini beda, karena liburan semester ini kita diharuskan untuk melakukan pratikum kerja alias magang. I’m feeling so excited. Gua ga sabar mau tau kehidupan kerja itu kek gimana. Eh ternyata kek gini. Okee.. let me to explain my experience and my observation.
    Tanggal 10 Juli adalah tanggal pertama kita mulai magang. Namun, sebelum itu semua terjadi kita harus mengurus beberapa hal keribetan dimulai dari bikin proposal magang, surat pengantar magang, minta tanda tangan persetujuan dosen buat proposal magang, rebutan sama temen seangkatan tentang tempat magang, dan banyak lainnya. Yang paling mengena di hati dan di pikiran adalah saat kita harus rebutan tempat magang sama temen seangkatan. Sleding sana sleding sini. Aku masih ga habis pikir kok bisa ya sleding sana sini padahal sebelum hari h- pembuatan dan penyebaran proposal magang kita udah setor nama instansi untuk kita tempatin di grup whatsapp. Masing-masing perwakilan kelompok magang nulis satu-satu tempat magang mereka dengan tulisan yang dicapslock dan dibold. Keliatan banget kan tuh jelasnya kek gimana kalo tulisan udah DICAPSLOCK DAN DIBOLD. Masih mending pas sledingnya itu ada percakapan sebelumnya yang ngajakkin gantian berdasarkan gelombang 1 dan gelombang 2 (menurut aturan main, satu instansi boleh ditempatin dua kelompok asalkan gelombangnya bergantian dan ada koordinasi antara pihak instansi juga).  Lah ini mah kaga. Bikin bingung. Bikin marah. Bikin pertemanan pecah. Set dah. Dua bulan pertemananku diuji. Dari situ saya belajar, baru juga ini cari tempat magang apalagi cari tempat kerja. Udah beneran dah tuh udah kek di hutan, pada liar semua ga ada perasaannya. Mungkin ku memang manusia kecil yang naif sekali yang selalu menghubungkan semuanya dengan perasaan (perasaanku belum siap menghadapi kejamnya dunia). Tapi pada kenyataannya emang beneran itu yang terjadi. Gegara main sleding akhirnya mereka cari lagi tempat magang yang lain, nunggu lagi kepastian diterima atau enggaknya, padahal waktu magang udah mepet. Yaa.. kurang lebih itulah yang dirasain temanku yang lainnya. Kalo kelompokku yang rasain beda ceritanya. 

     Jadi, si bela si nona bela si baymax si belaemon punya dua pilihan tempat magang yaitu BNI Syariah dan BRI Syariah. Tapi kita ga jadi ke BNI Syariah karena ada kelompok lain yang udah masukin proposal kesana. Yaudahlah, aku mencoba mengikuti hati kecil nuraninya bela yang berkata,
“Kita ke BRI Syariah aja ya aku ga enak sama kelompoknya mereka.”
Aku dan Kurnia be like, “Halaaahhh Bel... Takis!!”
“Nanti aku omongin ke kelompoknya kalo kita nanti gantian.” –Aku
“Tapi lo rek, yaapa lek kalian di posisi mereka.” –Bela
“Yaudah bel, kita coba di BRI Syariah.” –Kiki
“Yaopo Kur, Mbeng? Dijajal sek ya BRI Syariah.” –Bela
“Y”. –Aku
“Yaweslah.” –Kurnia
     Akhirnya kita masukin proposal magang ke BRI Syariah Surabaya. Dan yang terjadi adalah kita berempat ditempatkan magang di BRI Syariah Bangkalan Madura. Gilak. Jauh banget. Aku ga pernah ngebayangin sama sekali kalo aku bakalan tinggal di tempat yang bener-bener jauh. Aku tinggal di Surabaya aja udah merasa jauh. Apalagi ini nyebrang pulau. Dan yang paling aku merasa kesel banget ditempatkan di sana adalah aku anak kos yang harus ngekos lagi, jadi bayarnya harus dua kali kan. Belum lagi pengeluaran buat beli baju dan perlengkapan lainnya nanti pas aku disana. Belum lagi beban uang makan. Aku makan di Surabaya aja ngirit banget cari harga makanan yang ga lebih dari 10.000. Ya kali, gua punya ayah yang bisa ngasih uang tambahan.  Terus belum lagi nanti iya kalo iya kita berempat bener-bener fix udah diterima di BRI Syariah Bangkalan sana kan tau sendiri kalo Bank biasanya cuma bisa menerima dua orang yang magang lah kalo kaga bisa berempat nanti ngurusnya bakal gimana lagi, ini jaraknya bener-bener jauh. Itu beneran ya pas momen diberitahu kalo kita berempat ditempatkan disana itu aku langsung diem. Tapi wajahku bener-bener ga bisa dikontrol, wajahku bener-bener udah bete banget banget lah pokoknya. Sampe esok harinya, waktu kita konsultasi ke dosen aja wajahku masih ga bisa dikontrol padahal itu aku lagi di depannya dosen tapi wajah ga enak banget diliat. Bener-bener ga bisa berpikiran positif aku waktu itu. Pikiranku langsung terbang jauh memprediksikan hal buruk yang bakalan terjadi nantinya disana. Setelah konsultasi, Bela menggunakan segala cara untuk membujukku supaya mau dan ikhlas magang di Bangkalan. Dia tanya, “Kenapa sih mbeng?”. Aku cuma bisa diem. Aku ga biasa buat ngungkapin yang aku pikirin dan yang aku rasain pada saat waktu yang sama. Bela masih ngomong, “Gapapa Mbeng, kita ngadepinnya kan bareng-bareng”. Cuma bisa diem lagi. Tapi dalam hati ngomong, “Lah gausah bareng-bareng gapapa dah gua. Mana ada ngadepin susah bareng-bareng.” Seketika itu juga sisi baik dan sisi jahatku lagi beradu argumen. Ada sisi dimana egois, harus ninggalin mereka dan magang sendiri. Ada sisi lagi dimana ya okelah aku harus ngadepin itu, toh emang harus kek gini kan hidup. Daaan.... pada akhirnya aku belum bisa memutuskan. Aku ngerasa bingung, okelah aku gapapa kalo emang aku harus magang disana. Tapi aku jadi kepikiran ibuku, aku mikirin nanti pengeluarannya gimana ya. Soalnya ini kan aku udah semester 7 pasti bakalan banyak lagi pengeluarannya nantinya. Oke, aku kebiasaan mikir terlalu jauh.  Terus aku ngomong ke ibuku dan mbahku. Kata mereka, “Ya gapapa wes ndug, yang penting hati-hati.” Gua ga suka banget momen ini. Gua jadi ngerasa aaahhh ini beban ini tanggung jawab!!! (berantem sama diri sendiri dalam hati *hype*).
    Besok sorenya, aku sama Bela ke BRI Syariah dan bilang kalo kita fix mau ditempatkan di Bangkalan. Akhirnya aku luluh, ketika aku melihat ekspresi kebaikan dari ibunya ketika menyampaikan beberapa alasan mengapa kita ditempatkan di Bangkalan. Aku mencoba untuk bersatu dengan takdir dan kenyataan. Beberapa hari kemudian, salah satu hal yang aku khawatirkan terjadi. Surat keputusan antara diterima sama ditolak kita magang di Bangkalan belum keluar-keluar. Padahal ini udah h-7 kita akan magang. Kita berempat bener-bener galau, apalagi aku – aku orangnya panikan dan parnoan banget ga pernah bisa tenang dan karena dari awal aku udah ngomong negatif (kata Bela aku pernah ngomong gini, “Rek kok kita cepet ya bikin proposal magangnya jangan-jangan nanti ke belakangnya susah”) pada akhirnya – kejadian. Hopeless. Kita bener-bener udah bingung mau ngapain lagi. Kita ga tau harus gimana lagi, kita udah ga punya pikiran sama sekali buat mikirin plan C kemana kita harus magang kalo nanti ini kita ditolak. Besok paginya kita memberanikan diri untuk datang ke BRI Syariah Bangkalan untuk mendapatkan jawaban. Dan ta-da!!!! Kejutan lagi. Tepat kita sampai baru masuk dan baru tanya kita dapat jawaban yang tidak sesuai dengan harapan.
“Maaf kita belum dapat kabar apa-apa dari Surabaya mbak mas.”
Kelar hidup kita berempat. Ini h-6 magang YA ALLAH!!!!! Cobaaan apalagi ini!!!! Kita meninggalkan BRI Syariah Bangkalan dengan sepucuk kertas yang kita tulis nomor telponnya Bela. Di perjalanan, pikiran dan perasaan kita kosong. Kosong.
“Mbeng kon seh ngomong seng aneh-aneh ae” –Bela
“Aku bener-bener bingung pek.” –Kurnia
“Koyok dukun kon mbeng.” –Kiki
“LAH?! AKU??? HMM... SUDAH KUDUGA.”
“Wes menengo mbeng. Ga usah ngomong ga usah mikir.” -Bela
“Lah emang aku meneng ae. Mikirku lo wes nang awal. Sekarang mah jalanin aja dulu.”
“Temenan lo mbeng. Gausah mikir opo-opo.” –Kiki
“Hmm... Yaopo iki? Nang omahe Kurnia ta? Ngenteni kepastiane yaopo. Mungkin ae engko orang e menghubungi kene. Lagian engko lek misal balik mrono maneh ga keadohan lek nang omahe Kurnia”
Kita berempat memutuskan menunggu kepastian yang akhirnya belum ada kepastian sampe sore jam 5 di rumahnya Kurnia. Ku menghabiskan banyak kacang mente, permen yupi, jeli, dan jajan lainnya di rumahnya Kurnia. Bisa dibilang aku merampok. Untung kedua orangtua Kurnia tidak ada. Jadi, ini adalah kesempatan besar.
H-5
“Rek... alhamdulillah kita berempat fix magang di BRI Syariah Bangkalan.” –Bela
“Alhamdulillah.” –Aku, Kiki. {Kurnia ngomong alhamdulillah (?)}
“Kata bapak pincapemnya langsung aja kesana hari Senin. Pake baju hitam putih almamater ya.” –Bela
“Iya Bel.” –Kiki
“Iyo Bel.” –Aku, Kurnia.

    YEEAYYY. WE GOT IT AND WE DID IT!!!!! Drama akhirnya sudah berakhir. FYI, selama 3 minggu di BRI Syariah Bangkalan itu asik dan menyenangkan sekali. Kita bener-bener beruntung punya kesempatan mengenal orang-orang sana. Beliau semuanya baik, ramah, dan berbagi ilmu banyaaaaaaaakkkkk sekali ke kita berempat. Kita suka dengan rutinitas pagi doa bersamanya, briefingnya Pak Rizki (pincapem) yang menurut aku pribadi malah lebih ke stand up comedy hehe abis bapaknya easy going sekali dengan karyawan-karyawannya dan ke kita berempat. Kita juga suka dengan rutinitas kuliah malam 4 sks dengan Mbak Martha (Bagian AO, yang merupakan SODP BRI Syariah Bangkalan, yang baik, pinter, keren, dan lucu sekali ketawanya Mbak Martha). Kita juga suka dengan lawakannya Mas Joko yang selalu bilang “Kalian nanti jangan kerja di Bank, jadi pengusaha saja.” Hahaha. Kita juga suka dengan lawakannya Pak Djauhari, “Kalian menertawakan saya ya.” Hahaha. Kita juga suka mendengarkan ketawanya Pak Andika dan Pak Arief. Kita juga suka dengan senyumnya Mbak Okta, Mbak Cindy, Mbak Dyah, Mbak Dita, Mas Faisal, Pak Sulaiman, Pak Guru, dan banyak lainnya yang belum kesebut. Kita semua suka dengan suasana yang ada di BRI Syariah Bangkalan. Bahkan mungkin saat ini kita sangat merindukan beliau beliau :”
(Foto sama pak arief, beliau orangnya asik banget dah.)

 (Foto sama pak rizky, kita ngebujuk pak rizky buat foto usaha banget loh soalnya pak rizky takut di foto karena takut umurnya berkurang hehe)

 (Mbak martha dosen 4 sks kita yang tersayang. Kita selfie ada banyak haha)

 (Ini pak sulaiman.)

(Ini keluarga BRI Syariah Bangkalan. Alhamdulillah kita punya takdir untuk saling mengenal.)

Adanya magang yang masih sesi pertama ini selama 3 minggu, aku jadi belajar banyak tentang dunia kerja dan tentang teman-temanku tentunya. Pertemananku diuji selama 3 minggu. Kita berempat banyak berantemnya. Aku berantem sama Kurnia, Bela, dan Kiki. Pokoknya gantian saling berantem satu sama lain. Aku berantem sama Kurnia karena Kurnia suka godain aku ketika dia lagi bosan dan dia menyebalkan sekali dan bocah sekali. Aku kan udah bocah nih eh malah digodain ya makin bocah makin kezel. Aku berantem sama Bela rebutan bantal kecil dan aku dipelototin Bela. Seketika itu Bela yang bagaikan malaikat jibril yang membawa wahyu berubah menjadi malaikat izrail pencabut nyawa. Aku berantem sama Kiki rebutan kursi yang bagian belakangnya biar bisa bersandar. Dan aku cuma bisa diem bete karena aku dapet kursi yang ga ada sandarannya. Padahal, aku merasa seharusnya Kurnia yang ngalah. Tapi Kurnia selalu merasa “Kenopo kok mesti aku?”. Dan kita berempat bertahan dengan ego masing-masing makanya sering berantem setiap saat. Tapi terus baikan. Berantem lagi. Baikan lagi. Tidak ada kata maaf. Karena sangking seringnya dan ga jelas banget kita berantemnya gegara hal yang bener-bener sepele. Dan karena kita dari pagi sampe malem ketemu terus jadi ya udahlah masa iya mau diem-dieman. Apalagi aku, Kiki, Bela sekos bareng. Aku yang males mandi dari pagi sampe sore selalu diteriakin Bela disuruh mandi. Ingin rasanya aku sepulang magang, tidak ngomong sama mereka. Tapi mereka kadang masih suka tanya-tanya jadi aku terpaksa menjawabnya. Kemudian aku tinggal mereka dengan mendengarkan musik atau gak menonton drama korea. Intinya, setiba aku di kos aku tidak ingin berbicara dengan mereka. Begitu pula dengan Kurnia, Kurnia yang kadang suka mampir ke kosnya kita setelah cari makan malam. Seketika itu juga aku tidak ingin melihat mukanya lagi. Aku muak dengan dia. Sudah cukup kita bertemu di tempat magang. Inilah yang aku rasakan ketika aku tinggal dengan waktu yang cukup lama dengan sahabat-sahabatku. Karena kita bersahabat jadi ya beginilah aku menyampaikan kekesalanku kepada mereka. Apa yang aku rasakan sudah pasti sama persis dengan apa yang mereka rasakan pula terhadapku, kurang lebihnya ya seperti itulah. Kita sudah terbiasa mencaci maki satu sama lain.  Oh iya satu lagi, aku ga suka sekali makan masakan padang tapi mereka selalu mengajakku makan disana tiga hari berturut-turut aku memang kurang begitu suka dengan masakan padang karena aku lebih suka bumbunya masakan jawa. Tapi aku terpaksa makan karena kalau tidak makan aku nanti lapar. Oh iya dua, aku ga suka ketika mereka harus muter-muter cari makan malam. Aku lebih suka menuju satu tempat yang pasti yang sama seperti sebelumnya sedangkan mereka suka muter-muter cari makanan tempat baru diseluruh sekitar Bangkalan. Dan aku hanya bisa diam, karena aku lapar. Thats why, kenapa aku di kosan Surabaya lebih suka cari makan sendiri karena aku males ikutan yang lainnya mampir ke warung sana sini. Dan tiga, aku ga suka lari pagi atau jalan pagi karena kalau pagi mukaku bengkak, kelopak mataku atas bawah bengkak, sedangkan mereka berdua mukanya tetep sama ga bengkak.  Dan karena aku ga bawa sepatu sedangkan mereka berdua bawa sepatu. Aku terpaksa ikut karena itu adalah minggu terakhir di Bangkalan dan demi menyenangkan hatinya Bela dan Kiki. Cukup sekian laporan magang sesi pertama di Bangkalan. Sesi keduanya, inshaallah bakalan ada drama lagi. Walaupun hidup aku kek drama tapi ga seindah drama korea. Tapi walaupun begitu aku selalu berharap agar seindah drama korea. Aku memang sungguh naif.

    Pesan singkat: Jangan tinggal dengan sahabatmu lebih dari tiga hari. Oke, kita memang sering liburan bareng selama tiga hari itu karena tujuannya seneng-seneng. Tapi coba bayangin lebih dari tiga hari lu harus tinggal sama 11 orang yang sifat dan wataknya itu bener-bener beda banget. Masing-masing individu yang punya karakter kuat.  Bahkan gua ga sanggup untuk melanjutkan imajinasi gua sendiri. Last but not least, aku kangen kalian dan selalu kangen kalian. 

2 komentar:

  1. Kak, mau nanya dong. Magang di BRI syariah Bangkalan selama 3 minggu, apa aja kegiatannya ? Mohon direspon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sekali kak baru balas, jadi selama kegiatan magang disana seru sekali banyak yg kita tahu. Jadi setiap minggunya kita berganti tempat, misal minggu pertama kita belajar di bagian pembiayaan marketing, kemudian di minggu kedua belajar di bagian pegadaian, dan seterusnya

      Hapus

 

[IKASW] Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang