Kamis, 01 Juni 2017

Another Story Mabesties

       Bisa kenal sama beberapa orang itu menurutku udah waaaaaaaah banget. Karena aku bukan tipe orang yang bisa berkenalan dengan mudah sama orang. Aku selalu merasa khawatir kalo lagi kenalan. Tiap kenal sama orang, aku merasa takut nanti aku akan memberikan dampak buruk atau memberikan kesialan atau kekurangan ke mereka pokoknya yang tidak mengenakkan hati lah. Walaupun pada nyatanya aku emang suka ngerepotin sih wkwkwkwk. Sekalinya ngerepotin, ngerepotin banget. Seolah-olah udah ketergantungan gitu. Maka dari itu agar ku tidak terlalu ketergantungan sama betis betis ku eh besties. Zzz receh. Aku waktu semester 3 ambil jadwal kuliah yang pisah-sama-the genk. Iya the genk. Karena sering diledekkin "Loh mana genkmu?" Yaudah ku langsung timpalin balik tanpa sungkan-sungkan. "Aku lagi belajar mandiri, keluar sejenak dari genkku."  
     Yup. Aku si bungsu. Si maknae. Si kecil of the genk, out of the genk. Dan ku belajar banyak tentang "orang". Karakter orang yang bener-bener beda, bener-bener ngeselin, bener-bener gatau diri. Semuanyaaaaah. Tapi masih ada juga kok yang bener-bener baik tapi so far yang aku rasain bener-bener baik itu cuma sedikit. Kebanyakan adanya pura-pura baik. Ya begitulah, pokoknya aku belajar banyak dari orang-orang itu. Secaraaa guee yang ga pernah berinteraksi sama orang lain memutuskan untuk berinteraksi ya hasilnya agak shocked dan stres langsung ketika ngadepin mereka. But anyway daripada gue ngomongin mereka mending gue ngomongin temen gue sendiri. Aku juga kalo lagi sama the genk, banyak belajar. Banyak belajar dari Bela, Ipok, Kiki, Melisa, Nupus, bahkan aku juga banyak belajar dari teman-teman cowok sialanku itu, iya si Dipta, Kurnia, Anas, Reza, Daal. Btw Nupus sama Daal baru ku anggep "temen" whahahahaha. Karena waktu semester 1 kan ku jarang ngomong sama mereka berdua. Jadi sekarang ga nyangka aja bisa kenal akrab sama mereka. Walaupun aku merasa kalo Daal itu sampe sekarang kalo sama aku masih gimanaaa gitu. Karena waktu pembagian kelompok magang Daal itu personal chat ke Bela ngomong gini,
"Bel aku melbu kelompokmu po o. Tapi kok aku merasa gembeng yaopo ngono ambe aku. Ambe-an chatku iki hapus yo bel ojo ngomong gembeng sisan." (Haaa? Bela ga apene ngomong ambe aku? Hahahahaha gak mungkin. LOL. Biar ku ember kek gini pun Bela bakal tetep cerita, tapi terus dia istighfar merasa khilaf karena curhat ke aku hahahaha). Maafkan aku yang selalu menjadi pendengar yang baik tapi jadi penghianat pula gaesssss. Ku ga pernah bermaksud buruk, aku hanya bermaksud tiada dusta diantara kita. Ciaaaaaa. Tapi yang curhatan penting tetep confidential kok gaesss trust me. Oke. Lanjut.....
Dan waktu itu gue langsung kaya gini,
"Hahahaha alay."
Tapi seketika itu juga aku bisa menebak kenapa Daal punya pemikiran kek gitu. Itu karena ku sering jutek ke dia. Ngomong-ngomong jutek ku anaknya emang jutek bangeeeeettt. Ku sering diem beberapa menit pas lagi sama mereka. Dan mereka juga ngebiarin aku, karena udah biasa emang gitu. Baru nanti pas mood udah oke baru ngomong. Bahkan aku kalo di kampus ketemu temen-cowok-yang-sialan-itu kita malah ga saling sapa. Males. Padahal kalo udah ngumpul pasti rame. Tapi pas kumpul pun kita ga mempermasalahkan itu. Azeeeekkk. Nah, mungkin karena Daal ga biasa kali ya jadi punya pemikiran gitu. (Cmiiw Dal, kalo udah baca tulisanku ini hehe sebenernya aku orangnya baik kok ga menyebalkan, percayalah...percayalah...percayalah.....ku bisa lebih menyebalkan dan lebih jutek daripada itu haha).
       Kalo ceritaku sama Nupus itu, aku waktu semester 3 satu kos sama dia. Semester 1, aku ga ngomong sama dia. Semester 2, Nupus sering ga masuk karena ibunya sakit jadi harus bolak-balik ngerawat. Aku waktu itu juga masih belum memperhatikan Nupus sama sekali. Tapi eh semester 3 dia memutuskan untuk ngekos karena dia disuruh ayah ibunya untuk fokus kuliah. Akhirnyaaa jang....jang... Kita sekos, sekamar, dan sekasur. Dan semenjak dia datang, hal-hal bodoh yang biasa aku lakukan jadi terlihat bodoh di mata orang lain dan dia. (Jadi, accident dimana ku salah mandi pake deterjen cair ya gegara dia ini, gegara dia naruh deterjen cair ke botol sabun cair. Dan gegara aku polos tak berdaya ini ya tetep lanjut aja mandinya dua hari pake deterjen cair. Heol). Secaraaaaa gue sama Nupus itu bedaaa, bedaaa banget. Beda 360 derajat. Kek tempat clubbing yang di Royal. Et buset bocah, meleset aja ngomongnya. Iya, aku sama Nupus itu beda banget. Aku orangnya ga suka mikir, sekalinya mikir paling cuma satu dua kali ga sampe mikir dampak ke orang lain nanti gimana. Nanti kalo dampaknya udah keliatan baru dipikir. Kalo Nupus mah engga, dia mah mikirnya satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh pokoknya banyaaaakkkkk banget yang dipikir. Pikiran yang berasal dari dirinya sendiri, dari segi orang lain, dari segi agama, dan yaaahhhh apa pun itulah. Herewww. 
       Bahkan aku sama Nupus itu ga jarang berantemnya. Kita sering ngedebat-in antara gantengnya D.O sama Suho. 
"Ya aku suka sama D.O karena gantengnya dia itu diem tapi gapleki, ambisi, kerja keras, dll. Lah timbang Suho terlalu baik ewwwh membosankan."
"Yo babah lo. Suho-ku nah ganteng seru seng penting. D.O ambisius kok di wara kerja keras. Engko lek suamimu kyk D.O kalah awakmu."
"Kalah opo seh..... Hihh mboh"
As always. Ku selalu mengakhirinya. Kalo diterusin bakal ga ada ujungnya. Beneran. Bahkan aku aja ga punya pikiran kalo punya suami nanti karakternya kek D.O. Tapi dia yang mikir jauh kek gitu. 
Terus aku juga pernah berantem sama Nupus waktu kita satu kelompok Analisis Perilaku Konsumen. Aku orangnya yang selalu pengen almost perfect, sedangkan dia yang sejadinya. Beehhh langsung konflik. Pulang dari kampus, pas di kos kita saling diem. Ini antara dia sadar apa ga sadar pas kejadian ini. Dianya juga diem, entah diem karena emang lagi capek males ngomong atau juga merasa aku lagi kesel sama dia. Sampe maghrib itu aku ga interest buat ngobrol asik sama dia. Ditanya ya jawab ga ditanya ya sibuk sendiri. Tapi pada akhirnya baik baik juga. Karena dia pas malem udah banyak tanya.

Tapi karena perbedaan itulah, ku jadi paham sama dia dan dia pun paham sama aku. Pernah waktu itu Nupus bilang gini, "Wes rek ojok ilokno arek iki jahat terus. Sakno arek iki rek dikirano jahat ae" sambil puk-puk kepalaku. Aaaaaaaaaa my heart so melted. Seketika itu juga aku merasa kalo Nupus itu bener-bener paham sama aku. Terus seiring waktu berjalan ku sering bareng sama dia. Sering curhat sama dia. Ku pernah sekali main ke rumahnya dia. Ketemu ayah, ibu, dan adek-adeknya dia. Dan beberapa bulan, ada kabar kalo Ibunya meninggal. Speechless. Bahkan sampe sekarang aku masih tidak menyangka. Aku waktu itu ketemu Ibunya Nupus dalam keadaan sehat alhamdulillah masih bisa berdiri, ngobrol, becanda. Bahkan aku yang orangnya selalu sungkan sama orang tua. Waktu itu merasa awkward. Duduk aja sampe salah tingkah. Sampe-sampe Ibunya Nupus bilang gini, "Ya Allah nak, koyok karo sopo ae lah dikiro iki omahe Bupati ta yaopo" (ku lupa kata-kata persisnya gimana pokok intinya kaya gitu, aku ga boleh sungkan. Biasa aja).
      Malem ketika aku tau kabar itu, aku langsung nangis. Aku seolah-olah kayak tau apa yang dirasain Nupus. (Perasaan ini udah kebiasaan, makanya ku sering nangis kalo pas dicurhatin, dijahatin, dibaikkin). Terus pas besoknya atau pas hari apa gitu Aku, Bela, Melisa, Kiki, Kurnia, Dipta, Anas pergi ke rumahnya Nupus. Di jalan, aku udah di wanti-wanti sama temen-temen.
"Mbeng ojo nangis nang ngarep e Nupus lo." -Bela
"Mboh iku Mbeng kon iku opo-opo nangis." -Kurnia (?) 
"Iyo iyo iyoooo engga. Yaelah bawel"
Dan pada kenyataannya, pas baru aja sampe. Mata sudah berlinang mata.
"Wes gembeng lak mulai. Menengo a mbeng". -Dipta 
Aku langsung meluk Nupus. Terus malah nangis sejadi-jadinya. Dan orang yang kutangisin malah ga nangis. Gila Nupus kuat banget jadi orang. 
"Loalah mbeng mbeng" -Anas
Sorryyy pus ku nangis, padahal aku seharusnya ga boleh nangis biar kamu ga sedih juga kan. Percayalah, waktu perjalanan di mobil ku sudah ketawa-tawa, nyanyi-nyanyi, tapi apalah daya hatiku yang lemah ini. Hiks.

      Setelah sudah beberapa bulan Ibunya Nupus meninggal. Ayahnya Nupus sakit sampe sekarang belum sembuh. Doain semoga cepet sembuh ya gaess. Semoga penyakitnya diangkat. Semoga rejekinya lancar pula. Aamiiin. Allah bener-bener sayang sama Nupus. Dan aku bener-bener banyak belajar dari Nupus. Ketika aku ada masalah sedikit aja aku udah merasa beban. Mengeluh. Terus Nupus ingetin aku, "Wes ta mbeng dijalani ae. Awakmu yo podo ambe awakku. Lek saiki guduk awakmu, terus sopo maneh".
Nupus yang dari kecil sampe sekarang ngerasain turun naiknya kehidupan. Nupus selalu, selalu, selalu ingetin aku ga pernah bosen-bosennya untuk berubah jadi dewasa jangan ngebocah terus-terusan. "Dunia ini kejam mbeng. Ojok imajinasi ae".
So kratak kratak kratak. Kalo dia udah ngomong gitu. Rasanya hmmmm, ku bingung ga bisa berkata-kata apalagi. Di semester 6 ini, aku ngerasa kalo Nupus nge-push aku buat jadi dewasa. Dia sering marah-marah di chat atau ga becanda-canda terus diselipkan kata-kata mutiara, ya gitu selalu reminded me to be mature. Grow old. Grow up (minum susu Hilo?). I am 20 years old. Kadang akunya yang masih ndablek, masih ga nurut apa kata Halmeoni. Tapi ya sedikit sedikit sedikit dikit dikit belajar jadi dewasa kok Pus asal jangan bosen aja. Aaaaahhh so lucky to have you Pus. So lucky too have another besties like them. Sekian dan terimakasih. Ku sengaja nulis ini biar ga lupa kalo Daal dan Nupus temenku juga. Ciaaaaaa~~~ 

2 komentar:

 

[IKASW] Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang